Beban.

Setelah sekian minggu aku tidak membuka blogku lagi, aku akhirnya bisa membuka dan mulai mencoba menuangkan ide-ide gila di otakku. Rasanya setelah perjuangan kuliah yang tinggal beberapa minggu lagi, pikiran jadi sedikit lebih tenang dan sedikit enteng. Hanya saja masih ada bagian dari diriku yang masih merasa terbebani. Bukan otak, bukan. Karena otakku pasti selalu kubebani dengan ide-ide tolol dan gila yang hampir setiap hari selalu muncul di pikiran. Dan bukan karena tugas besar yang masih menghantui di 2 minggu terakhir perkuliahanku ini.

Tapi hati, tempat aku menyimpan segala keluh kesahku yang nantinya akan aku adukan ke Dia di peraduanku. Rasanya hati ini masih menyimpan beban, entah bagaimana beban ini masih ada, padahal sudah kucoba untuk membuang beban itu jauh-jauh, dalam-dalam. Yah, tapi namanya hati, mau diapakan juga, beban itu kembali lagi dan seperti menghantui. Mau gimana lagi, aku mesti membawa beban ini sampai jangka waktu yang tidak bisa ditentukan. Dan asal kamu tahu, beban ini ada karena kamu. Ya, kamu.

Aku tidak tahu apakah ini menjadi beban kamu juga atau tidak, tapi kamu tahu, aku lelah. Beban ini ada sejak saat itu, tapi aku berhasil membuang beban itu karena kengototanku. Tapi kemudian kamu mengembalikan beban itu lagi, dan menambahnya. Apa aku kuat? Jujur saja, aku tidak kuat. Tapi aku harus berbohong dan menerima beban itu kemudian membawanya seperti tidak ada apa-apa. Kalau kamu memang merasa memikul beban ini, bicaralah. Kalau tembok yang kamu ciptakan itu memang membatasimu, hancurkan. Aku sudah terlalu lelah untuk bertanya apakah kamu merasa keberatan dengan beban itu atau menanyakan hal lain. Kalau kamu memang merasa perlu membuang beban itu, silakan. Tidak ada yang melarangmu, kan.

Tapi asal kamu tahu, aku menunggu di balik tembok itu. Diam-diam. Dengan sabar. Tanpa harap.

Leave a Reply

